Pantai Balojaha Selayar

Pulau Selayar adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibukota dari pulau ini yaitu Kota Benteng. Selayar memiliki beberapa Kecamatan antara lain Kecamatan Benteng, Kecamatan Bontoharu, Kecamatan Bontomanai, Kecamatan Bontomatene, Kecamatan Bontosikuyu dan Kecamatan Buki. Sarana transportasi dari luar yang paling dekat adalah Pelabuhan penyeberangan Pamatata yang terletak di desa Pamatata, kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar. Bandar udara terdekat dan satu-satunya yang ada di pulau Selayar adalah Bandar Udara H. Aroeppala terletak di dusun Padang, desa Bontosunggu, kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar

Selayar adalah pulau dengan seribu pantai. bahkan Selayar memiliki taman laut terbesar ketiga dunia, yaitu taman nasional takabonerate. namun pada pembahasan kali ini saya tidak akan menjelaskan lebih dalam tentang taman laut tersebut. disini saya akan menjelaskan tentang sebuah pantai yang terdapat di pulau pasi Selayar yaitu pantai Balojaha  yang terletak di kec Bontoharu. Selain menemukan pantai kita juga akan menemukan sebuah gua (balo ; dalam bahasa selayar)

Dari kota Benteng menuju Pelabuhan penyeberangan Padang ( padang : desa di Selayar) dapat kita tempuh dari  sekitar 15 sampai 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. kemudian akses menuju pantai Balojaha yaitu dengan menggunakan perahu-perahu nelayan yang ada disana. dengan biaya tergantung kesepakatan dengan pemilik perahu ( biasanya 250k) . Dari pelabuhan ke Pantai Balojaha akan memakan waktu sekitar 30 menit. perjalanan ke Pantai Balojaha ini kita akan melewati bayak pantai terkenal yang ada di Selayar, salah satunya yaitu Pantai Liang Kereta. 

Pantai Balojaha ini akan memyuguhkan pemandangan pantai yang memiliki air sangat biru dan pasir yang sangat putih dan bersih. jika kalian kesini maka saya pastikan kalian tidak akan menyesal. kemudian jika kalian ingin ke GUA Balojaha maka kalian harus berjalan kaki menyusuri hutan agar bisa menemukannya. jaraknya dari pantai ke gua sekitar 200m. Pemandangan gua ini sangat mempesona. dindingnya terdiri dari batu besar dan didalamnya terdapat air yang sangat bersih dan dingin. 

 Berikut adalah gambar pantai dan Gua Balojaha :
Pantai Balojaha


Gua Balojaha

Komentar